Home » » Cara Budidaya Ayam Kate

Cara Budidaya Ayam Kate

Written By Arif Stiawan on Friday, November 16, 2012 | 7:06 AM

Ayam Kate merupakan salah satu hewan peliharaan saya di belakang rumah. Awalnya memelihara Ayam Kate ini hanya sekedar coba-coba namun seiring berjalannya waktu, hewan yang memiliki khas yang berbeda pada Ayam pada umumnya ini berkembang biak menjadi banyak dan lebih banyak lagi. Bahkan dari beberapa peranakannya ini memiliki bentuk yang tidak umum seperti memiliki jambul diatas kepalanya atau ada lagi yang berkaki putih.
Semakin banyak Ayam Kate yang kamu punya juga harus semakin intens dalam memeliharanya. Ayam Kate yang saya miliki ini jinak dan patuh pada pemiliknya misal saja ketika waktu sore dulu sebelum saya ajari untuk bertengger diatas bambu, Ayam ini berkeliaran dimana-mana dan bisa dikatakan bingung sendiri karena selalu berkokok dengan keras pada malam hari. Langsung saja pada bagaiman cara memelihara Ayam Kate sebagai berikut:

1. Beri Makan Secara Teratur

Waktu yang tepat untuk memberi makan Ayam Kate adalah pagi dan sore hari. Taruh makanan Ayam menjadi satu tempat tetapi menyebar untuk menghindari Ayam Kate kamu bertabrakan atau rebutan. Hal ini tidak baik untuk perkembangan psikis Ayam Kate. Mengapa saya bilang perkembangan psikis Ayam Kate? Ya, saya misalkan dengan contoh seperti ini, pernah suatu kali Ayam Kate saya keluar dari batas rumah. Lalu saya dengan Bapak mencoba menangkapnya, tetapi saya terlalu keras untuk menggiringnya dan Bapak bilang kalau saya dilarang untuk bertindak keras dalam menggiring Ayam Kate karena dapat menyebabkan Ayam Kate itu bertindak lebih cepat dan lebih keras. Dari situ saya dapat belajar dan menyimpulkan bahwa Ayam Kate juga mengalami perubahan sikap dan sifat tergantung pemiliknya. Kembali ke topik awal, jika Ayam Kate kamu sering bertengkar maka kamu harus menaruh makanan pada tempat yang berbeda dengan tujuan agar Ayam Kate kamu tidak bertengkar waktu makan.

2. Jangan Masukkan Dalam Kandang

Kalau kamu punya pekarangan yang luas dan sekiranya aman untuk memelihara Ayam Kate, taruhlah Ayam Kate kamu diluar kandang. Biarkan mereka kesana-kemari, cucuk sana cucuk sini, terbang kesana-kemari, itu lebih sehat dan lebih membuat Ayam Kate betah di pekarangan kita. Tapi untuk Ayam Kate yang baru menetas sangat disarankan untuk ditaruh dalam kandang bersama induknya agar aman dari segala gangguan dan ancaman dari hewan lain karena masih kecil.

3. Latihlah Dengan Beberapa Keterampilan

Seperti yang saya sebutkan diatas, Ayam Kate milik saya ini jinak sehingga bisa diajari beberapa hal misalnya ketika kamu ingin Ayam Kate milik kamu tidak berkeliaran waktu malam hari dapat kamu carikan tempat tersendiri dan coba kamu arahkan ke tempat tersebut ketika menjelang sore tiap hari sebanyak 5 kali atau 7 kali, setelah itu pada hari berikutnya Ayam Kate kamu akan terbiasa untuk ke tempat tersebut tanpa kamu arahkan. Kalau Ayam Kate milik saya juga bisa, pastinya Ayam Kate milik kamu juga bisa donk. Lalu contoh yang lain misalnya, Ayam Kate saya bisa terbang dari suatu tempat ke tempat lain hingga 5 meter jauhnya. Ini merupakan jarak yang cukup jauh bagi Ayam Kate, hal ini bisa kamu ajarkan sehari-hari atau kamu ingin Ayam Kate kamu berkokok dengan keras juga bisa tergantung tingkat keseriusan dan ketelatenan pemilik Ayam Kate.

Inilah beberapa cara bagaimana memelihara Ayam Kate dengan benar dan terbukti kalau salah satu hewan peliharaan saya ini tumbuh sehat dan besar. Dan apa yang saya rasakan ketika pertama kali memiliki Ayam Kate ini dengan saat ini saya menulis artikel ini sangatlah berbeda, lebih menyenangkan ketika melihat Ayam Kate bertumbuh dan berkembang dengan sehat seperti sekarang ini. Ayam Kate ini juga dapat kamu miliki sebagai hewan lucu-lucuan karena hewan ini kecil dan bergoyang-goyang ketika berjalan. Lucu! 

0 comments:

Post a Comment