Home » » Cara Budidaya Kelinci Yang Baik

Cara Budidaya Kelinci Yang Baik

Written By Arif Stiawan on Friday, November 16, 2012 | 6:53 AM


usaha-ternak-kelinci
 

Cara Budidaya Kelinci Yang Baik. ternak kelinci ternyata merupakan suatu usaha dan bisnis yang cukup menjanjikan, dan cara beternak kelinci pun tak luput dari pihak yang ingin mencoba bisnis satu ini, ada juga yang sekedar memelihara kelinci, namun kita perlu tahu juga ada beberapa jenis peternakan kelinci yang ada seperti ternak kelinci anggora, ternak kelinci pedaging, ada juga kelinci australia dan kelinci hias, disemua aspek terebut ternak kelinci ternyata mengundang keingin tahuan dan rasa penasaran untuk tahu bagaimana cara beternak kelinci itu, di fb ada juga page khusus untuk kumpulan Para peternak kelinci, saya termasuk orang yang juga ingin tahu bagaimana cara beternak kelinci yang baik itu.
Budidaya - Ternak Kelinci
Kondisi yang paling ideal buat kelinci adalah kandang yang kering, jika kandang kelinci ini basah atau lembab, so si kelinci akan sangat mudah terserang penyakit kulit

Factor selanjutnya yang perlu diperhatikan selanjutnya kalo sobat budidaya ternak kelinci adalah pengontrolan. Apa yang dilakukan saat pengontrolan ini, hal ini bisa dari pola makan, kualitas serta kuantitas makanan, bahkan sampai kesehatan kelinci.

Jika kelinci sobat menunjukkan gejala-gejala suhu badan tinggu, mata sayu, atau pola makan yang menurun, maka sobat harus cepat-cepat ambil tindakan karantina, lalu berikan penanganan yang sesuai dengan gejala yang timbul.

Tindakan selanjutnya adalah perawatan kelinci, saat yang harus diperhatikan adalah kelinci masih kecil atau masih nyusu, saat ini sobat harus hati-hati, lakukan penyapihan saat anakan kelinci sudah berusia maksimal 2 bulan atau 8 minggu, kemudian anakan ditempatkan dalam kandang sendiri 1 kandang diisi dengan 2 sampai 3 ekor kelinci.

Nah yang satu ini yang tidak boleh sobat lupakan saat budidaya ternak kelinci, pemberian pakan. Dari segi jenisnya, kelinci bisa diberikan hijauan, seperti rumput, daun pisang, kulit jagung, daun ubi, dan daun turi, sementara pakan penguat meliputi jagung, dedak, padi, kacang hijau, dan kedelai.

Ada baiknya sobat jadwalkan pemberian pakan, seperti: jam 10 pagi kelinci diberikan dedak dicampur dengan sedikit air. Kemudian jam 1 siang diberikan rumput dan jam 6 sore kandang harus penuh, karena kelinci akan banyak makan saat malam hari, dan jangan lupa sobat, jangan sampai kandang kelinci sobat tidak ada makanan, kecuali sobat melakukan diet pada kelinci.

Peluang Usaha Ternak Kelinci
Bagi sebagian orang akan berpikir kalo akan memulai usaha peternakan, entah itu ayam, bebek, atau yang lain. Nah begitu juga dengan usaha ternak kelinci ini , dibutuhkan usaha dan ketekunan, tapi untuk melakukan usaha ternak kelinci relative lebih mudah untuk dilakukan. Lho kenapa? Begini sobat, makanan kelinci ini tidak harus neko-neko maksudnya gak susah, terus ditambah lagi kecepatan berkembang biaknya sangat tinggi. Inilah salah satu keunggulan kelinci.

Nah keunggulan lain yang sobat perlu ketahui adalah, ternyata kelinci ini semuanya bisa jadi duit, waaauuuwww .!!!!, kotorannya. Kotoran kelinci baik itu yang cair (kencing) atau juga yang padat bisa dijual juga, lho gunanya apa yah? Tidak lain dan tidak bukan untuk pupuk tanaman, saya juga kurang tau dah apa keunggulan kotoran kelinci sama kotoran hewan lainnya.

Terus apa lagi keuntungan usaha ternak kelinci? Kulit, kulit ini bisa dijadikan bahab industry, atau juga bisa dijadikan keripik kulit.

Nah jika dihitung-hitung, 1 betina bisa mengalami tiga kali kehamilan dalam satu tahun, dan dalam satu kelahiran bisa menghasilkan anakan 6 sampai 7 ekor, wowwwww dahsyat khan sobat, tinggal mengkalikan saja dalam satu tahun sudah berapa jumlah kelinci yang sobat punya.


Download Ebook Cara Beternak Kelinci yang Baik
Nah marilah kita bersama mencari tahu dan mencoba mungkin bisa jadi bisnis atau sekedar hobi (jangan hobi melihat wanita terseksi xixixix), nah di internet ternyata banyak cara bisa digunakan ada yang mencari cara beternak kelinci PDF maupun video yang bisa diputar lewat windows media player classic, nah pada kali ini saya akan sharing kepada teman yang tertarik dengan bagaiman teknik tips dan triknya untuk ternak kelinci tersebut, tapi ini berupa e-book yang berbentuk pdf dan anda bisa print serta mempelajarinya lebih lanjut, bisa di sharing dan kirim lewat gmail com kepada teman – teman anda.

1 comments:

  1. mana ebook nya sob?
    kok gak kelihatan?
    saya ingin sekali dan tertarik beternak

    ReplyDelete