Home » » Cara Budidaya Padi Dalam Polibeg

Cara Budidaya Padi Dalam Polibeg

Written By Arif Stiawan on Friday, November 16, 2012 | 6:47 AM

padi dalam pot atau polibeg
Cara Budidaya Padi Dalam  Polibeg. Bismillah, untuk rekan-rekan budidaya yang sedang mencoba untuk menanam padi di dalam polibeg dengan hasil Berlebih dan Perawatan Ringan, dan dapat ditempatkan dimana saja kita mau, apalagi bila kita hanya mempunyai lahan yang sempit, dengan teknik menanam padi dalam polibeg ini kita bisa menghemat tempat tanpa mengurangi hasil dari padi tersebut

Dengan Sistem System of Rice Intensification (SRI) rekan-rekan bisa mendapatkan hasil cukup maksimal dan bila perawatan padi ini dilakukan secara baik mengikuti aturan-aturan teknisnnya bukan hal mustahil padi dalam pot ini bisa lebih menghasilkan daripada padi disawah. Teknik menanampadi dalam pot juga mempunai kelebihan tersendirijuga padi sistem ini tidak usah digenangi air seperti disawah.

Ramah Lingkungan

Teknik Menanam padi dalam Polibeg atau pot, sangat ramah sekali dengan lingkungan, dikarenakan kita menggunakan pupuk alamiah, seperti Kompos dan MOL (Mikro Organisme Lokal) dan bahan pupuk ini banyak terdapat di daerah kita juga kita bisa membuatnya sendiri.

Untuk cara kita menanam teknik seperti ini bila dibandingkan dengan menanam di sawah jelas sangat berbeda sekali, untuk bibit padi kita cukup meletakkannya saja di media yang sudah kita campur dengan pupuk kompos, dan umur biasa 20 hari bila menggunakan teknik ini hanya cukup dengan 5 hari, kita juga biasanya untuk satu hektar membutuhkan 30 kg dengan memakai teknik ini hanya cukup 3kg saja bibit  dipakai untuk 1 hektar.

menurut beberapa peneliti sudah mempraktekan teknik seperti ini biasanya dari satu butir benih padi kita tebar bisa tumbuh menjadi 100 batang padi, masih menurut mereka bahwa air menggenangi benih padi seperti biasa kita lakukan ini bisa membuat mikro organisme menjadi mati, dan imbasnya calon anak padi menjadi busuk.

Nah sekarang mari kita sedikit membahas bagaimana cara menanam padi dalam pot atau Polibe

Cara Menanam Padi dalam Polibeg

1) Memilihjenis padi yang akan kita tanam

Untuk memilih jenis benih ini rekan-rekan silahkan memilih jenis apa saja yang rekan-rekan anggap baik di daerah rekan, jangan lupa untuk dipilih dulu biar hapa tidak ikut tertanam, biasanya cara memilihnya yaitu dengan merendamnya di air dan diberi sedikit garam, bila ada yang mengapung kepermukaan berarti hapa, dan tenggelam adalah yang baik.

2) Merendam benih

Merendam benih yang akan kita tanam selama satu hari, ini dimaksudkan biar kulit benih keras menjadi lunak.

3) Menyiapkan Wadah

Wadah yang akan kitagunakan sebenarnya tidak terbatas bentuk atau jenis apa saja, bisa memakai besek, pot bunga, yangterpenting agak lebar, setelah wadah siap maka kita tinggal memasukan tanah serta dicampur dengan kompos, diusahakan tanahnya hanya 1 bagian saja, sdangkan kompos 2 bagian, setelah itu basahi mengguakan MOL, diencerkan. MOL-nya 1 bagian dan airnya 15 bagian. untuk Membuat MOL nanti akan saya bahas lebih lanjut dalam postingan selanjutnya;

4) Penebaran Benih

Benih kita rendam selama 1 hari kita tebar kedalam media yang tadi telah kita siapkan, biasanya benih ini akan tumbuh dalam waktu 2-3 hari biarkan benih-benih itu tumbuh sampai agak besar.sekitar 5-7 hari

5) Menyiapkan Media Tanam dan wadah

Sekarang waktunya kita menanam benih sudah tumbuh tadi, untuk menanam padi ini kita siapkan wadah plastik, polibeg, ember, pot bunga atau apa saja terserah anda, setelah wadah tersedia lalu kita isi penuh wadah tersebut dengan tanah dan kompos, menyiramnya dengan MOL ingat jangan terlalu basah cukup macak-macak saja oke.

6) Memilih Bibit Terbaik
untuk memilih bibit baik kita bisa melihatnya dari ciri pisiknya, pilih salahsatu dari bibit tersebut menurut rekan-rekan kualitasnya bagus, cara pengambilan bibit lakukan dengan ekstra hati-hati kalau bisa jangan sampai putus akarnya, lalu kita pindahkan kedalam wadah. usahakan dalam menanamnya jangan sampai terlalu dalam hanya cukup dipermukaan saja. lakukan hal ini sampai pada wadah-wadah lainnya juga oce.

7) Perawatan

Untuk cara perawatan kita harus merawatnya secara intensip, misal ada rumput kita harus segera membuangnya, untuk penyiraman kita bisa melakukannya setiap 3 hari sekali menggunakan MOL yang telah dicairkan, cukup sedikit saja penyiramannya jangan sampai terendam macak-macak saja, usahakan kita juga mengaduknya tapi ingat jangan sampai mengenai akarnya oce.lakukan perawatan sampai panen.

Untuk hasil yang maksimal dalam melakukan teknik Menanam Padi dalam Polibeg atau Pot ini kunci intinya ada pada kita juga, bila kita merawat dengan baik maka hasilnyapun akan sangat memuaskan, perlu di ingat jangan pernah menyerah dalam hal budidaya, belajar dan terus belajar. Alhamdulilllah semoga artikel ini bermanfaat bagi saya terutama, dan bagi rekan-rekan yang berminat menanam padi dalam polibeg atau pot. Sebenarnya masih panjang penjelasan tentang teknik ini tapi sekian dulu saja dan nanti akan saya lanjutkan kembali.

ref

0 comments:

Post a Comment