PLR Sosial Media Viral Marketing 728 x 60
Home » » Cara Membuat Pupuk Bokashi

Cara Membuat Pupuk Bokashi

Written By Arif Stiawan on Friday, November 16, 2012 | 6:38 AM

Pupuk Cair OrganikCara membuat pupuk bokashi organik : sekarang saya share tentang salah satu kegunaan dari EM4 tersebut, Cara membuat pupuk Bokashi, ini hanya sekedar share aja buat rekan-rekan yang senang dengan pertanian organik, alangkah baiknya bila kita suka bertani mandiri  kitapun bisa membuat pupuk sendiri secara mandiri, selain bisa menghemat biaya pengeluaran kualitas tanamanpun menjadi lebih baik dan selalu terjaga kesuburan  tanahnya.



Sebenarnya banyak cara dalam pembuatan pupuk organik ini, tetapi kita ambil yang paling mudah saja dulu dan bahan-bahan pembuatan pupuk bokashi tersedia disekitar lingkungan kita. Pupuk bokashi atau pupuk hasil fermentasi dari bahan organik dengan menggunakan teknologi EM4 dapat kita gunakan sebagai penyubur tanah dan juga dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman, bokashi dapat kita buat dengan beberapa campuran bahan organik sepertidari bahan sekam, pupuk kandang, larutan gula (molase) dan lain-lain.

Untuk postingan kali ini kita akan saya akan membahas tentang cara pembuatan bokashi menggunakan bahan dari pupuk kandang, adapun untuk pembuatannya adalah sebagai berikut :


  • Sediakan pupuk kandang sekitar 300 kg
  • Dedak halus sekitar 50kg
  • Sekam sebanyak 150 kg
  • Larutan gula atau molase sebanyak 200ml/20 sdm
  • Bakteri  EM4 sebanyak 500ml/ 50 sdm
  • Air secukupnya saja
Adapun untuk cara pembuatannya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan air secukupnya lalu larutkan EM4 dan gula yang tadi telag kita persiapkan
  2. Untuk pupuk kandanng dan bahan-bahan lain sepertidiatas tadi di campur semuanya sampai merata
  3. Bila adonan pupuk kandang dan yang lainnya sudah siap, siramkan hasil campuran EM4 dan gula tadi secara perlahan kedalam adonan (usahakan harus merata) kandungan air yang ada pada adonan harus mencapai 30% atau sampai adonan macak-macak, tidak kering tapi tidak juga terlalu basah.
  4. Siapkan amparan dari terpal (di teras juga bisa ) adonan yang tadi sudah jadi kita tutup rapat menggunakan karung goni atau sejenisnya selama 4-7 hari lamanya.

Selama 7 hari tersebut usahakan kita selalu memantau tekanan suhu gundukan adonan jangan sampai melebihi sekitar 500C, bila terlalu panas kita harus membolak-baliknya agar mendapatkan hasil yang baik. setelah 7 hari bokashi yang kita buat sudah siap untuk digunakan.

Perhatian: Pupuk Bokashi fermentasi yang terlalu panas atau melebihi 500C akan menyebabkan kerusakan dikarenakan akan terjadi pembusukan, oleh karena itu pantau terus setiap 5jam sekali.
Apakah rekan-rekan tertarik untuk membuat Pupuk Bokashi?? selamat mencoba semoga sukses.

ref

0 comments:

Post a Comment

30 Minisite Minisite Blogspot 300 x 250
30 Minisite Minisite Blogspot 300 x 250