PLR Sosial Media Viral Marketing 728 x 60
Home » , » Ilmu Kesehatan Ternak

Ilmu Kesehatan Ternak

Written By Arif Stiawan on Sunday, February 10, 2013 | 1:45 AM

Ilmu kesehatan ternak merupakan satu kajian mata kuliah pada fakultas peternakan dan juga di fakultas kedokteran hewan. Selain itu SMK jurusan peternakan juga mempelajari mata pelajaran kesehatan hewan ini. Banyak sub bidang ilmu kesehatan hewan ini yang sangat bermanfaat untuk mendukung keberhasilan sebuah usaha peternakan. Di dalam ilmu kesehatan ternak ini akan dipelajari secara rinci tentang ciri-ciri penyakit ternak serta cara mengatasi atau menyembuhkan penyakit tersebut.

Ada beberapa sub bab penting dalam ilmu kesehatan ternak ini diantaranya: fisiologi hewan ternak, dan tingkah laku hewan ternak. Selain itu kesehatan reproduksi ternak juga akan banyak digunakan ketika menghadapi masyarakat peternak di lapangan. Sebab masalah reproduksi ini didalamnya akan mencakup masalah inseminasi buatan pada ternak baik sapi kambing dan ayam buras. Untuk itu beberapa kalangan perlu mempelajari ilmu kesehatan ternak ini secara serius, keseriusan itu tidak hanya bagi mahasiswa tapi juga bagi para pelaku usaha peternakan. Masyarakat peternak sebaiknya membeli buku pedoman tentang ilmu kesehatan ternak ini, saat ini banyak sekali buku tentang kesehatan ternak dijual di toko buku.

Keberadaan sebuah buku pedoman baik itu buku-buku kesehatan ternak serta buku cara beternak akan sangat membantu peternak dalam mengembangkan dan meningkatkan hasil produksi peternakan yang mereka punya. Belajar ilmu-ilmu peternakan bukanlah kewajiban anak sekolah atau mahasiswa semata, sebab belajar adalah kewajiban bagi setiap orang baik muda maupun tua. Harga dari buku-buku kesehatan ternak tidaklah terlalu mahal dan dengan mudah dapat ditemukan di berbagai penjual buku.

Mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya tentang perbedaan ilmu kesehatan ternak dengan ilmu penyakit ternak ( hewan). Sebenarnya tidak ada beda dari keduanya, hanya berbeda pada istilah yang digunakan saja. Ilmu penyakit akan membahas penyakit serta cara mengatasinya atau mengobati begitu juga dengan ilmu kesehatan ternak didalamnya ada tentang penyakit dan cara mengobati ternak yang sakit.

Meningkatkan kualitas serta hasil peternakan baik sapi, kerbau, domba, kambing, ayam dan itik haruslah dengan memperhatikan kesehatan ternak-ternak tersebut. Setiap peternakan dapat dipastikan akan meneumi penyakit yanga melanda peternakan menreka untuk itu diperlukan persiapan untuk menghadapi masalah penyakit itu ketika dia datang.

Dibawah ini beberapa hal yang sebaiknya dipahami oleh setiap peternak tenang ilmu kesehatan ternak:
  1. Setiap ternak memiliki penyakit yang berbeda-beda, beda jenis penyakit maka beda jugalah cara menangani penyakit tersebut.
  2. Penyakit pada ternak ada yang menular ke sesama ternak, ada juga yang menular dari ternak ke manusia, dari manusia ke ternak dan ada banyak yang tidak menular. Setiap peternak sebaiknya mengetahui mana-mana saja penyakit ternak yang menular tersebut, jadi ketika ciri-ciri penyakit sudah terindikasi maka dapat dengan segera dicegah penyebarannya.
  3. Peternak sebaiknya mengetahui tentang peraturan pemerintah mengenai kesehatan ternak ini, peraturan tersebut menyangkut penanganna hewan yang sakit; mana saja hewan sakit yang boleh dijual, dikonsumsi atau harus dimusnahkan.

Bagaimana tenrnyata ilmu kesehatan ternak itu bukan hal yang sederhana bukan, banyak sekali hal-hal yang harus dipahami oleh setiap pihak tentang kesehatan hewan ini. Baik peternak, petugas keshatan hewan, dan pedagang hasil-hasil peternakan.

Kunci keberhasilan sebuah peternakan adalah kesehetan ternak itu sendiri ketika ternak dalam keadaan sehat secara keseluruhan makan dapat dipastikan keuntungan akan diperoleh oleh si peternak, dan bila penyakit ternak sedang melanda sebuah peternakan bisa saja peternak tersebut harus gulung tikar dan menghentikan usaha peternakan mereka.

0 comments:

Post a Comment

30 Minisite Minisite Blogspot 300 x 250
30 Minisite Minisite Blogspot 300 x 250