PLR Sosial Media Viral Marketing 728 x 60
Home » , » Penyakit pada ternak

Penyakit pada ternak

Written By Arif Stiawan on Sunday, February 10, 2013 | 12:33 AM

Penyakit Pada Ternak

Penyakit pada ternak sangat banyak jenisnya, hampir sama banyak dengan penyakit pada manusia. Seorang peternak harus mengetahui beberapa penyakit ternak yang sering terjadi baik pada ternak sapi, kerbau, kuda, domba, kambing, ayam, itik, kelinci, dan ternak hias. Peternakan besar umumnya sudah menggaji orang yang kerjanya khusus menangani dan mengawasi penyakit ini, namun pada peternakan kecil atau peternakan rakyat biasanya penyakit ini akan ditangani sendiri terlebih dahulu dengan pengetahuan seadanya dan selanjutnya bila merasa keadaan gawat maka mereka akan memanggil petugas kesehatan hewan. Tanpa pengetahuan maka sangat berbahaya melakukan penangan kesehatan ternak. Oleh karena itu setiap peternak haruslah mengetahui beberapa cirri-ciri penyakit pada ternak.


Berikut ini beberapa penyakit pada ternak:
Ternak sapi:
  1. Demam 3 hari: penyakit ini diakibatkan oleh sengatan serangga sejenis lalat terhadap ternak, biasanya ternaka akan langsung kehilangan nafsu makan, air susu kadang spontan berhenti, dan umumnya ternak yang terkena penyakit ini akan ambruk atau tidak sanggup berdiri. Ciri lainnya adalah adanya lendir atau ludah yang sering keluar dari mulut sapi selain. Penyakit ini tidak terlalu mematikan, dan daging sapi yang terkena penyakit ini dapat dikonsumsi
  2. Scabies, scabies ini sejenis korengan atau kurapan pada sapi, pada kasus yang akut kulit sapi akan mengeras dan sangat sulit untuk di kembalikan kepada keadaan normal, akibat scabies ini biasanya ternak akan kehilangan bulu pada daerah yang terserang. Scabies ini diakibatkan oleh parasit sejenis kutu dalam ukurtan sangat kecil. Untuk menangani scabies ini sebaiknya diserahkan kepada petugas kesehatan hewan. Daging sapi yang terkena scabies aman dikonsumsi.
  3. Bloat (kembung), panyakit kembung pada sapi sering juga disebut dengan masuk angin atau Timpany merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi sapi, kematian akibat kembung pada sapi ini sangat tinggi, oleh karena itu perlu penanganan yang cepet oleh peternak ataupun petugas kesehatan hewan. Untuk pertolongan pertama peternak dapat memberikan ½ liter minyak goreng ditambah dengan minyak angin dan dicampur secara merata setelah itu diminumkan pada ternak yang terkena kembung tersebut.

Penyakit pada kambing dan domba hampir sama dengan penyakit pada sapi, berikutnya adalah penyakit pada unggas (ayam, dan itik)
1. Gumboro
2. CRD
3. flu burung
Gumboro dan CRD ini sering sekali ditemukan pada peternakan ayam potong, untuk mencegah penyakit CRD dan gumboro ini dapat dilakukan dengan vaksinasi pada ayam sesuai dengan usia yang dianjurkan oleh petugas kesehatan ternak. Vaksinasi pada ayam dapat dilakukan dengan sistem minum, suntik dan tetes.

Penyakit pada ayam ini umumnya sangat berbahaya dan terkadang cepat menular ke ayam-ayam lainnya, inilah yang sering menyebabkan seorang peternak rugi total karena kelalaian dalam melaksanakan vaksinasi atau kesalahan dalam melaksanakan vaksinasi. Pada ternak ayam sering kita temukan ayam yang mati satu kandangnya, bagaimana mungkin bisa memperoleh keuntungan bila kejadian seperti itu terjadi. Ini jugalah yang menyebabkan banyak orang enggan beternak ayam.

Namun tidak bisa dipungkiri juga keuntungan dari ternak ayam ini dapat diperoleh dalam waktu yang sangat singkat, bayangkan saja ayam broiler saat ini umur panennya hanay mencapai 35 hari dapat mencapai 1,8 Kg. Bila dibandingkan dengan sapi yang harus dipelihara minimal 1,5 tahun tentu perputaran uang jauh lebih cepat pada ternak ayam ini.

0 comments:

Post a Comment

30 Minisite Minisite Blogspot 300 x 250
30 Minisite Minisite Blogspot 300 x 250